..<< More Info >>..

Tanaman Herbal Penghias Pagar

Tanaman HerbalKOMPAS.com - Mungkin Anda masih ingat, ketika masih kanak-kanak, sering memetik bunga Soka kemudian menghisap sarinya. Meskipun hanya setetes, namun sari bunganya terasa manis. Bunga Soka tenar karena warna-warna cerahnya, membuat taman tampil semarak. Sifatnya yang rimbun, membuatnya sering digunakan sebagai pagar rumah.

Tanaman bernama latin Ixora ini memiliki bunga berwarna cerah. Mulai dari merah menyala (scarlet), kuning, jingga, merah muda, bahkan putih. Bunganya mekar bergerombol. Setiap kuntumnya berukuran kecil dengan empat kelopak. Ketika mekar, bunga-bunga ini memberi semburat warna cerah, di antara hijau daunnya.

Kembang Soka bisa tumbuh hingga ketinggian 80cm. Untuk menjaga kerapihan bentuknya, terutama untuk pagar hidup, rajin-rajinlah melakukan pemangkasan. Lakukan pemangkasan hanya setelah lewat masa berbunga. Hal ini untuk menghindari terpangkasnya bakal bunga, karena akan berakibat Kembang Soka lambat berbunga lagi.

Tak hanya karena rimbun dan memiliki warna bunga cerah. Kembang Soka juga menawan karena khasiatnya. Akarnya bermanfaat sebagai obat sakit perut dan disentri. Dengan tanaman herbal secantik ini, tak ragu lagi membuat Taman Obat Keluarga (TOGa).

Penulis: Anissa
Batu Andesit Putih Bintik
Putri Nolina dan Palem Sinensis

No comments:

online counter

Digg!
Custom Search
 

template by : 3 Columns | modified by : 3 Columns blog