..<< More Info >>..

Cara Melakukan Penggantian Pot

Adenium hanya perlu dipindahkan potnya jika sudah memecahkan potnya yang lama, atau tampak bonggol gendutnya memenuhi pot lama anda. Hal ini mengindikasikan si Adenium tadi udah ngga muat dengan tempatnya. Kalau anda menggunakan wadah yang terbuat dari besi seperti drum , plastik, maka Bonggol akar Adenium ngga akan bisa mecahin wadahnya. Jadi untuk yang menggunakan wadah dari plastik, atau dari besi yang tidak mudah pecah, sebaiknya musti diingetin ngecek, kalau tidak si adenium cenderung akan mengalami busuk akar, bukan karena akarnya terluka kena pasir malang, (seperti kata pakar di salah satu milis ;p ) tapi karena terdesak dan terluka akibat bergesekan dengan dinding besi yang berkarat
Kesalahan yang sering dijumpai, banyak penghobby yang ingin adeniumnya cepat besar dengan menanamnya diwadah yang sangaaaat besar sekali sehingga potnya juga tidak akan pernah diganti. Hal ini tidak efektif, karena hanya menyebabkan akarnya berkeliaran kesana kemari, dengan bentuk lurus, lurus, tidak berbelit menggumpal.

Keuntungan penggunaan pot yang tidak terlalu besar adalah akar dapat berbelit sempurna secara bertahap, sehingga kita nantinya akan memperoleh bonggol akar yang sempurna.

Selain itu dengan media yang terbatas, pemakaian media juga hemat, dan penyiraman menjadi mudah, sehingga air dapat membasahi seluruh media dengan sempurna, perakaran si bonggol berkembang merata dan optimal. Dengan Pot yang tidak terlalu besar, kita dapat mudah mengangkat untuk memindahkannya, disamping mengetahui beratnya untuk merasakan apakah adenium kita sudah saatnya disiram atau masih berat karena medianya basah. Disamping Pemupukan juga lebih irit dan efisien
Perlu juga diingat, Penggantian pot lebih sering dilaukan pada awal-awal masa pertumbuhan adenium, karena pertumbuhan adenium yang sangat pesat terjadi hanya pada usia muda saja. Sedangkan jika tanaman anda sudah memasuki usia lanjut, perkembangannya juga melambat. Mungkin penggantian dilakukan setiap 2 tahun sekali, untuk mengganti media atau jika pot sudah penuh sesak. Kesimpulannya, lebih banyak keuntungan menggunakan Pot dengan ukuran yang sesuai, meskipun harus rela bersusah payah menggantinya secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara penyiraman adenium
Mengatasi busuk akar dan bonggol
Mengatasi bonggol akar adenium
Merawat adenium untuk kontes
Cara mendapatkan giant adenium
Memperbanyak adenium
Menata adenium ala bonggi
Seni memelihara adenium

No comments:

online counter

Digg!
Custom Search
 

template by : 3 Columns | modified by : 3 Columns blog