..<< More Info >>..

Mengatasi Bonggol Akar Adenium

Bagaimana cara mengatasi bonggol akar yang tiba-tiba mengkerut ? Sering kita jumpai, meskipun penyiraman sudah dilakukand engan seksama, tiba-tiba bonggol akar mengkerut. Perlu diketahui bonggol akar merupakan tempat cadangan cairan bagi adenium. Sebagai tanaman sukulen, Bagian terbesar tanaman adalah cairan. Sehingga perubahan pada metabolismenya dapat menyebabkan tanaman mengkerut, karena cadangan cairan dalam batang atau akar berkurang.

Yang sering dijumpai akar mengkerut ketika diangkat dari medianya, tampak hama berwarna keputihan diakar adenium yang sering disebut Root Mealy Bug. Hama ini mengakibatkan banyak akar serabut yang mengering dan mati yang mengganggu penyerapan cairan oleh tanaman. Hama ini muncul akibat media yang selalu lembap. Sehingga sangat penting mengkondisikan media kering sekali, sebelum penyiraman dilakukan. Jika ini yang ditemui, maka bonggol akar tadi harus diobati dengan direndam terlebih dahulu, dan mengeringanginkan untuk kemudian ditanam dimedia baru.

Kemungkinan yang lain, adalah tanaman sedang dalam fase pertumbuhan yang sangat cepat, dimana penyiraman yang dilakukan intervalnya terlalu lama, atau terlalu sedikit jumlahnya. Selain itu panas yagn berlebih dan berubah-ubah dapat juga menjadi sebabnya. Untuk Bonggol yang sudah diangkat dan ditanam dengan menonjolkan bonggolnya, akibat perubahan kondisi lingkungan (terlalu panas) yang sangat drastis, sehingga bonggol nya mengekerut tiba-tiba.
Cara yang dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memastikan tidak terjadi serangan hama, kemudian tanaman diletakkan ditempat yang teduh. Kemudaian disiram dalam intensitas terbatas untuk menjaga media tetap lembap. Secara bertahap setelah media kering baru ditambah jumlah penyiraman sampai media basah. Perlu diperhatikan, untuk tanaman yang baru mengalami gangguan dan segera diambil tindakan, beberapa hari kemudian bonggol akan gendut kembali. Tetapi jika Bonggol sudah mengkerut dalam jangka waktu yang cukup lama, biasanya beberapa perakaran sudah mengering. Sangat rentan membanjiri media pada saat ini, karena dapat dipastikan bonggol akan terserang busuk akar yang langsung menjalar kemana-mana. Pastikan penyiraman terkontrol dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Segera setelah bonggol membaik tanaman dapat dipindahkan secara bertahap, karena pemindahan yang drastis akan mengakibatkan bonggol mengkerut kembali.

Setelah tunasnya bermunculan dan tanda-tanda aktivitas telah dimulai, Media dapat disiram seperti biasa. Kesabaran dan ketelatenan didalam memelihara adenium merupakan kuncinya.

Cara penyiraman adenium
Mengatasi bonggol akar adenium
Merawat adenium untuk kontes
Cara mendapatkan giant adenium
Melakukan penggantian pot
Memperbanyak adenium
Menata adenium ala bonggi
Seni memelihara adenium

Source : myadenium.com

No comments:

online counter

Digg!
Custom Search
 

template by : 3 Columns | modified by : 3 Columns blog